Jun 17

Aktivitas Belajar Bulan Ramadhan

August 19, 2010.

Pada KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selama bulan Ramadhan, hampir sebagian besar sekolah memberlakukan jam belajar yang sedikit dikurangi dari jam belajar seperti bulan lainnya. Ada yang mengurangi 5 menit atau 10 menit dari 45 menit jam belajar normal.

Serba salah memang, tapi begitulah kenyataannya. Dikurangi sebenarnya kurang baik dan kurang mendidik, tapi kalau dipaksakan tetap normal juga bisa berakibat kurang baik juga. Rasa lapar, haus dan lemas (termasuk mengantuk) menjadi salah satu alasan mengapa akhirnya jam belajar di sekolah terpaksa dikurangi.
Padahal, jika mendengarkan nasihat para ulama tentang Ramadhan yang seharusnya menjadi bulan “tune up” yang diharapkan menjadi pemompa semangat dan kinerja, seharusnya tidak ada masalah dengan jam belajar. Tetapi, lagi-lagi, kenyataan yang ada memang tak bisa dipungkiri.
Belum lagi, jika dilihat dari kualitas pembelajarannya, pun menjadi sedikit terganggu, kurang efektif dan tentu akhirnya kurang berkualitas.
Beginikah seharusnya? setiap Ramadhan menjadi salah satu pembenaran untuk jam-jam belajar di sekolah menjadi kurang efektif dan berkualitas? Mudah-mudahan Anda bisa lebih baik…

Leave a Reply

Your email address will not be published.