«

»

Jun 17

Hari IBU 2010

Hari ini, tanggal 22 desember 2010, bangsa Indonesia memperingati HARI IBU, sebuah peringatan khusus untuk mengenang, merenungkan kembali eksistensi, fungsi dan peran seorang ibu dalam kehidupan setiap orang. Baca lengkap Ibu, terlepas dari berbagai cerita dan berita tentang segala pernak-perniknya masing-masing (maksudnya ada ibu yang baik hingga ada juga yang sangat buruk dalam fungsi, peran dan tanggung jawabnya), ia adalah orang yang menjadi sebab lahirnya kita ke dunia ini. Tanpanya, kita tak akan pernah ada di muka bumi ini.
Berawal dari betapa beratnya seorang ibu ketika mulai hamil. Berbagai keadaan fisik yang pada umumnya sakit, lemah dan bermasalah mengiringi kehamilan di bulan-bulan pertama. Bahkan, sebagian di antaranya mengalami “ngidam” dan “mabuk”.
Berlanjut masa kehamilan yang semakin tua, sang ibu semakin payah mengandung sang bayi. Apalagi pada saat menjelang kelahiran, sang ibu mengalami masa payah yang bertambah payah.
Ketika melahirkan, sang ibu mempertaruhkan hidupnya, kemungkinannya memang hanya dua, hidup atau mati. Hidup dengan tetap merasakan sakit yang sangat luar biasa dengan kelahiran normal, atau sakit dan stress ketika harus dioperasi, maupun harus ikhlas meregang nyawa. Sebagian besar ibu malahan mengatakan, kalaupun harus ada yang mati, maka biarkan ibunya yang mati, jangan anak yang dilahirkannya.
Begitulah semua ibu, pasti mengalami peristiwa ini, lagi-lagi terlepas dari berbagai model ibu yang mungkin berperilaku buruk.
Sedikit bagian kehidupan ibu inilah yang mungkin pantas untuk selalu direnungkan atau diperingati setiap tahun dalam peringatan HARI IBU.
Sebenarnya, sangatlah tidak cukup dan tidak pantas merenungkan fungsi dan peran ibu hanya dengan peringatan sehari, karena dianggap sekadar formalitas, justru seharusnya menjadi renungan rutin bagi kita semua. Tetapi, setidaknya peringatan sehari di HARI IBU ini, semoga saja memberi makna bagi kita semua dan berbuat yang terbaik untuk memuliakan ibu, Insya Allah, amin…

2 comments

  1. Sang Berudu

    Nice…
    I like it…
    Go guy…

    1. Zainudin Idris

      Thank you for your nice comment, SANG BERUDU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>