«

»

Jun 06

Menyedihkan, Mutiarani, Peraih Nilai UN SMK Tertinggi Terancam Tak Bisa Kuliah

Menjadi pelajar yang berprestasi di negeri ini tak menjamin nantinya akan bisa menjadi orang yang berarti. Mutiarani, pelajar asal Semarang yang meraih nilai tertinggi dalam Ujian Nasional jenjang SMA/SMK tahun ini. Sayang, Mutiarani kini hanya bisa pasrah karena faktor ekonomi orang tuanya akan sangat memungkinkan dirinya tak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Mutiarani , putri ketiga pasangan Juwarto dan Sutarmi, warga Desa Sutak RT.6 RW.4 Pudak Payung, Semarang ini menjadi peraih nilai tertinggi dalam Ujian Nasional jenjang SMA/SMK tahun ajaran 2011/2012 .

Siswi SMK 2 Semarang jurusan ekonomi akuntansi ini berhasil meraih nilai kumulatif 29,6. Angka tersebut hasil dari nilai mata pelajaran bahasa indonesia 9.5 , bahasa inggris 9.5 , matematika 9.7 , dan kompetensi 9.6. Dari hasil inilah Mutiarani juga mendapat predikat siswa terbaik tingkat nasional.

Namun sayang, nasib Mutiarani setelah lulus ini tampaknya tak akan sedahsyat nilai yang diperolehnya. Betapa tidak, Mutiarani tampaknya tak akan bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Faktor ekonomi keluarga menjadi pemicu utamanya.

“Saya sih masih pengen kuliah, tapi harus gimana lagi, ibu gak kuat untuk mbayarin”, ujar Muatiarani.

Sejak kelas satu SMP, Mutiarani sudah ditinggal ayahnya, Juwarto, meninggal. Kehidupan Mutiarani pun bergantung sang ibu, Sutarmi, yang hanya sebagai buruh rumah tangga dengan penghasilan yang pas-pasan. Tak heran, jika keinginan Mutiarani untuk berkuliah harus pupus karena ketidakadaan biaya dari keluarga.

“Saya cuma begini. Gak bisa mbiayain Mutiarani untuk kuliah lagi”, ujar Sutarmi.

Kini, baik Mutiarani maupun sang ibu hanya bisa berharap uluran tangan atau donatur yang bisa membantu mengantarkan Mutiarani untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Apa yang dialami Mutiarani sekarang inipun menjadi hal yang ironis, dimana menjadi pelajar pintar yang ada di negeri ini tidak menjamin akan bisa menjadi orang yang berarti

Sumber: http://kabar17.com/

1 comment

  1. Zainudin Idris

    Thanks for visiting and giving comment, that’s so great…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>