«

»

May 19

Diklat Kurikulum 2013 (lagi)

Sejak mulai diberlakukannya, Kurikulum 2013 mengalami beberapa kali penyempurnaan. Bahkan, agak sempat “heboh” ketika pak Anies Baswedan belum lama menjabat sebagai Menteri Pendidikan, beliau sempat “menghentikan” pemberlakuan kurikulum 2013.

Kini, setelah hampir setiap tahun ada penyempurnaan secara terus menerus, di tahun 2016 Kurikulum 2013 kembali digulirkan sosialisasi implementasinya. Kurikulumnya tetap disebut Kurikulum 2013, bukan seperti isu sebelumnya menjadi “Kurikulum Nasional”. Sebutuannya kini mejnadi Kurikulum 2013 yang akan diberlakukan secara nasional.

Kurikulum 2013 yang semakin disempurnakan ini, konsep intinya tidak berubah seperti ketika pertama kalinya digulirkan. Hanya saja ada beberapa hal yang disederhanakan pada implementasinya, terutama pada aspek administrasi penilaian.

Saya, alhamdulillah sudah beberapa kali mendapat kesempatan mengikuti diklat kurikulum 2013 ini, bahkan lebih dari lima kali. Terakhir, diklat sebagai Instruktur Nasional (IN) pada bulan Juni 2015. Dan, sekarang, bulan Mei 2016 saya kembali mendapat pelatihan Instruktur Kota (IK) di provinsi DKI Jakarta, wilayah tempat saya mengabdi.

Penyelenggara kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 kali ini adalah LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Provinsi DKI Jakarta, yang diikuti hampir 400 peserta, dari semua unsur: guru, wakil kurikulum, kepala sekolah, pengawas dan kepala seksi pada Dinas Pendidikan. Tempat pelatihan dilaksanakan di Hotel IBIS Jakarta, dari hari Senin hingga Sabtu, 16-21 Mei 2016.

Semoga kegiatan ini menjadikan pendidikan Indonesia lebih baik, insya Allah, aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>